Jumat, 03 Januari 2014

panen oleh2...( tararengkyuuuh ya.. )

from Purworejo....

sebenernya ini cerita kuno sebelum akhir-akhir ini dijajah hahaha... betah ngendon di draft koz mo ditempelin foto aja ga bisa nempel-nempel # lemnya kurang lengket apa ya..???

ngemeng-ngemeng soal  rejeki emang ga kemana yaa.... partner kerjaku, Anin, pas lebaran kemaren pulkam, terus aku minta titip ce-meal-an khas kota asalku, kerena aku ga bisa mudik lebaran ini dan kebetulan pula satu kota, Purworejo ( Kedu ).. dan oleh2nya..

Geble'g..#^ekor^ , bukan dibaca GEBLEG yg artinya stupid lhoyaa...

Geble'g itu cemealan yg terbat dari tepung kanji/tapioka. mirip kaya cireng di Bandung  gituuh.. dengan dibumbui garam, bawang putih saja.  untuk membuat adonannya sampai bisa dibentuk butuh perjuangan hingga *tetes keringat* penghabisan...fiuuuhhhf.. #pantes aga2 berasa asem dikit, mgkn itu yang bikin enaaakk gimana gicuuh....hihihi.. #

naahh ini tampilan si Geble'g yg masih mentah alias belum digoreng dan yg sudah siap disantaaff...
before.....

after... plus kuah cuko yang duper HOT.. biar supangatt makannya ..


oleh2 lainnya yg khas Purworejo adalah KUE LOMPONG. terbuat dari tepung beras ketan hitam yg dalamnya diisi unti kacang ky enting2, manis gurih. kalau kulitnya sih cenderung tawar. yang bikin unik dari kue ini adalah bungkusnya dari klaras #daun pisang yg sudah kering. biar ga penasaran, ini diaaaaa..
aku rekomen kue Lompong yg fresh from the oven, haneut2 yg legit bikinan toko/foto KING di Kutoarjo. tersedia dos isi 10,20,25 biji.

Kue Lompong khas Purworejo.. legit manisss..


satu lagi oleh2nya Anin adalah gula aren yg wangiiiinya..hmmmmm.. cucok buat pengganti gula pasir buat bikin teh ato kopi tubruk. rasa dan baunya yg khas ky karamel gt,,
Gula Aren yang gedenya sepiring-piring..
matur tengkyu buat bu Marno ( Anin's mom ) .. besok kalo kudik2 lagi, inget ekyeee ya bu...hihi#bocah ngelunjak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar