Sabtu, 12 Oktober 2013

Bukan Semarang kalau ngga ... #part 1


  • Ada Lumpia.. yaa.. Semarang terkenal dengan mindset kota Lumpia. Makanan  yang digulung pake kulit dengan isian rebung, telur, udang dan ayam #lazimnya begitu isiannya. Tapi di toko Dyriana Pandanaran, bisa dijumpai Lumpia dengan macam-macam varian rasa. Bisa dibilang bukan jajanan yang murah karena rata-rata untuk Lumpia yang rasanya enak itu dibandrol Rp 10 ribuan naik, kalau yang bisa murah, pasti isiannya gak sekomplit yang mihiil yaa.. Selain di pusat oleh-oleh Pandanaran, penjual Lumpia banyak dijumpai sepanjang jalan Mataram ( MT Haryono ), Pemuda ( mbak Lien ), Gajah Mada ada Lumpia eXpress dan pastinya di daerah Pecinan.. 
  • Ada Bandeng Presto... Meskipun Semarang bukan daerah penghasil ikan Bandeng, tapiih justru terkenal dengan olahan ikan Bandeng. Presto yang paling populer. Ada juga yang dibikin Otak-otak Bandeng, Bandeng asap, Bandeng cabut duri, Bandeng pepes etc.. Asiknya lagi, bisa dipacking vacuum, jadi aman kalau buat oleh-oleh atau dikirim luar kota, karena bisa bertahan lumayan lama jadi ga rusak selama perjalanan.
  • Ada Gandjel Rel... yuups.. keik yang bantet macem brownis gitu yang legit karena rasa dan aroma rempahnya yang unik dengan taburan wijen di atasnya. Di Dyriana sudah di packing dalam kaeadaan vacuum. Daan pasti di toko-toko kue di Semarang banyak yang jual juga. Temen2 sering minta dibeliin ini. Enak katanya. Harganya juga relatif ga mahal.  Kisaran Rp 16ribuan #kalo belum naek lhoyaaa...
  • Ada Tahu Pong.. #misih edisi kulinernya Semarang. Seumur-umur tinggal di Semarang udah hampir 16 tahun, baru sekali nyicipin tahu pong #pukpukmyself.. itu juga karena kemarin pas temen2 ngumpul pada minta makan itu.. eeh ternyata mereka ga hanya nyediain tahu pong aja, tapi lumayan banyak menu pilihannya ysng berhubungan dengan pertahuan ini. Ysng kemarin kita makan ada di jalan Depok. Warung kaki 5 gitu, tapi soal rasa rekomended kok, lupa nama kedainya. 
  • Ada Wingko Babat... juga terkenal di Semarang, aneka rasa juga, ada yang ori rasa kelapa, lainnya ada rasa coklat, pandan, durian. Soal harga variatif kok. ada yang sebiji Rp 2.500 ada juga yang sekantong sekitar Rp 10 ribuan. Yaah ada harga ada rasalaah..
  • Ada Tahu Gimbal... makanan yang terdiri dari tahu goreng yang dipotong kotak-kotak kecil, irisan kol, toge yang diblansir, lontong iris, telor ceplok dan pastinya gimbal/bakwan udang yang dipotong juga, disiram saus kacang plus kecap dengan level pedas yang bisa rekues, plus taburan bawang merah goreng terus irisan sledri. Banyak ditemui di sekitaran Taman KB, depan SMA 1.
  • Ada Es Marem... mungkin sama aja kaya es-es yang lainnya. Porsi mangkuk yang besar, pastilah bikin marem kalo bisa ngabisinnya. Untuk es marem ato sering dinamai es kombinasi, ada 2 pilihan yaitu marem santan dan jeruk. Isiannya banyak, ada cendol, tape kering, kolang-kaling, roti tawar, kacang sangrai, degan kerok, cingcau, selasih, sirup gula yang pekat, susu, dan optional santan+sirup cocopandan atau perasan jeruk, buat mbedain kombinasi santan atau jeruk. Dan es serut yang menggunung. Selain 2 es tersebut, kedai-kedai es marem ini pasti penyediakan es Teler dan juga kolak.
  • Ada Soto Semarang... Banyak dijumpai penjual makanan ini, dari yang famous sampai yang ecek-ecek. Untuk kelas yang mihil ada Soto Bangkong. Tapi aku punya tempat favorit untuk makanan yang satu ini, yokui Soto Bokoran di jalan Plampitan. Harus rela antri. Yang aku sika di situ, asesoriesnya yang komplit selain persatean temennya soto, tapi pergorengannya enyak-enyaaak.. daaaan es jeruknya mantaaaafff. Harga masih standart lah. Rekomen lain ada Soto pak Sipit di Kartini, pak Darno di Tamrin. Yang bikin khas karena dalam setiap penyajiannya selalu ditambahkan kuah semur bumbu rendaman sate dan pindang telurnya. Jadi ga hanya kecap, sambel dan kucuran jeruk nipis saja yang bikin ramuan soto Semarang itu nendaaang di mulut.

apalagi ya... #tanyadirisendiri... ada yang nambahin.. monggo dikumplitii..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar